Kamis, 18 September 2008

Fauna in Papua (Indonesian)

Fauna:
Fauna di Papua sebagian besar terdiri dari mamalia, reptil, burung, ikan, invertebrata, dan amfibi. Sebagai hutan tropis terbesar dan tertinggi dunia yang hanya menggunakan 0.5% daratan bumi tetapi memiliki persentase biodiversitas di dunia. Beberapa jenis fauna yang terdapat di Papua adalah:

Kasuari: Kasuari adalah burung besar yang tak dapat terbang, yang berasal dari hutan tropis Papua dan Autralia bagian Utara. Burung kasuari merupakan burung yang tak dapat terbang yang kedua terbesar, yang terbesar yaitu burung unta. Kasuari memakan berbagai buah-buahan, serangga, jamur-jamur, dan juga siput. Walaupun biasanya kasuari merupakan hewan yang tidak aggresif tetapi bila diganggu dapat mengakibatkan luka fatal pada manusia.

Buaya Muara: Buaya muara atau buaya bekatak adalah sejenis buaya yang terutama hidup di sungai-sungai dan di laut dekat muara. Buaya ini dikenal sebagai buaya terbesar di dunia dan lebih besar dari buaya Nil ataupun Alligator Amerika. Buaya muara mampu melompat keluar dari air untuk menyerang mangsanya.

Ekidna Moncong Panjang Barat: Ekidna Moncong Panjang Barat adalah satu dari empat jenis ekidna yang masih hidup dan salah satu dari tiga spesies Zaglossus yang terdapat di Papua. Ekidna moncong panjang barat sekarang ini terdapat di Papaua, pada wilayah dengan ketinggian di atas 1300 meter sampai dengan 4000 meter, dan tidak terdapat di dataran rendah bagian selatan dan pantai utara. Habitatnya adalah padang rumput alpin dan hutan yang lembab. Sementara Ekidna moncong pendek yang memakan semut dan rayap, spesies moncong panjang memakan cacing tanah. Beratnya mencapai 16,5 kilogram, moncongnya lebih panjang dan bengkok ke bawah. Dan durinya hampir tidak bisa dibedakan dari bulunya yang panjang.

Tidak ada komentar: